Kamis, 23 Oktober 2008

SEKILAS MENGENAL UPBJJ-UT BANDUNG

UPBJJ-UT Bandung merupakan singkatan dari Unit Program Belajar Jarak Jauh - Universitas Terbuka Bandung sebagai kepanjangan tangan dari Universitas Terbuka yang berkantor di Jl. Pondok Cabe, Ciputat Tangerang, sedangkan kantor UPBJJ-UT Bandung sekarang masih berkedudukan di Gedung eks SPG Negeri Jl. Raya Cibiru Km. 15 Bandung, yang rencananya sebentar lagi akan menempati kantor baru di Jl. Panyileukan Soekarno Hatta Bandung.
UPBJJ-UT Bandung memberikan pelayanan Pendidikan Tinggi Jarak Jauh ( PTJJ ) bagi yang sudah bekerja atau karena alasan lain tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi tatap muka, dan memberikan layanan program pendidikan akademik dan profesional yang disesuaikan dengan kebutuhan nya pembangunan masa sekarang.
Dalam memberikan pelayanan tersebut, UPBJJ-UT Bandung mempunyai visi yang tidak terlepas dari visi Universitas Terbuka yaitu : Menjadi UPBJJ yang profesional dalam rangka mewujudkan Universitas Terbuka sebagai salah satu institusi PTJJ unggulan di antara institusi PTJJ di Asia 2010 dan di dunia 2020. Sedangkan misinya sebagai berikut :
1). Memperluas kesempatan belajar bagi masyarakat pada jenjang pendidikan tinggi yang berkualitas
2). Meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui layanan bantuan belajar
3). Memastikan kompetensi lulusan melalui evaluasi proses dan hasil belajar yang akurat
4). Meningkatkan kemitraan dengan masyarakat guna mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan ( knowledge-based society )
5). Menyebarluaskan dan berbagi informasi tentang PTJJ
Dalam mengembangkan visi dan misi tersebut di atas, UPBJJ-UT Bandung ditunjang oleh seluruh staf yang dipimpin oleh seorang Kepala UPBJJ, dibantu oleh 2 orang koordinator, yaitu 1). Koordintor Registrasi dan Pengujian, 2). Koordinator Bantuan Belajar dan Layanan Bahan Ajar, dan seorang Kasubbag Tata Usaha serta Petugas Wilayah dengan istilah PJPM ( Penanggung Jawab Pelayanan Mahasiswa ) untuk layanan mahasiswa program Pendas ( Pendidikan Dasar ) dan PJPS ( Penanggung Jawab Program Studi ) untuk layanan mahasiswa Non Pendas
Fakultas yang ada di Universitas Terbuka terdiri dari :
1). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP )
2). Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
3). Fakultas Ekonomi ( FEKON )
4). Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ( FMIPA ), dan;
5) Program Pascasarjana
Tiap Fakultas memiliki beberapa jurusan dan program studi, yang dibagi kedalam dua kelompok program yaitu Program Pendas dan Non Pendas.
Demikianlah sekilas gambaran UPBJJ-UT Bandung semoga bermanfaat.

Ingin kembali ke alamat UPBJJ-UT Bandung klik di sini
Amin.

Tidak ada komentar: